HTML



Jika saat ini banyak sekali muncul beragam aplikasi digital baik di smartphone maupun laptop. Nah, dibalik sebuah aplikasi yang sering anda gunakan, terdapat bahasa pemrograman yang membentuk sebuah tampilan aplikasi. Bahasa pemrograman digunakan untuk menjalankan instruksi didalam komputer. Apabila anda tidak suka menggunakan bahasa pemrograman terstruktur, anda dapat menggunakan bahasa pemrograman yang lebih fleksibel. Misalnya saja HTML, HTML bahkan dapat dengan mudah anda pelajari karena ekstensi ini mempunyai kumpulan tags yang mudah diingat. Seorang programmer pasti sudah tidak asing dengan  istilah HTML ini. Namun, apabila anda adalah seorang pemula, sangat dsarankan anda untuk mempelajari dasar – dasar yang membentuk sebuah program terlebih dahulu. Agar dalam membuat aplikasi nantinya, anda sudah dapat mengerti logika aplikasi tersebut. Lalu, Jika anda belum mengetahui secara lengkap tentang HTML. Yuk, simak artikel berikut ini.




HTML merupakan sebuah bahasa mark up web yang utama dan dijalankan secara alami di setiap browser serta di-maintain oleh World Wide Web Consortium. Untuk cara kerja HTML, Anda bisa menggunakannya untuk membuat struktur konten pada website dan aplikasi web.
HTML merupakan level terbawah dari teknologi frontend dan berfungsi sebagai dasar styling yang bisa Anda tambahkan dengan CSS dan fungsionalitas yang dapat dijalakan menggunakan JavaScript. Saat ini dalam pengembangannya HTML , sudah memsauki HTML 5 dan masih dikembangkan lagi untuk berbagai fiturnya.

Dokumen HTML adalah file yang diakhiri dengan ekstensi .html atau .htm. Ekstensi file ini bisa dilihat dengan mengunakan web browser apa pun (seperti Google Chrome, Safari, atau Mozila Firefox). Browser tersebut membaca file HTML dan me-render kontennya sehingga user internet bisa melihat dan membacanya.

Biasanya, rata-rata situs web menyertakan sejumlah halaman HTML yang berbeda-beda. Contohnya, beranda utama, halaman ‘tentang kami’, halaman kontak yang semuanya memiliki dokumen HTML terpisah. Masing-masing halaman HTML terdiri atas seperangkat tags (bisa disebut juga elements), yang mengacu pada building block halaman website. Tag tersebut membuat hirarki yang menyusun konten hingga menjadi bagian, paragraf, heading, dan block konten lainnya.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki HTML
  1. html merupakan bahasa yang bersifat cross-platform (bisa digunakan dibanyak platform) seperti: Linux, macOS, Windows, da lainnya. Karena HTML sendiri memiliki karakter ASCII, sehingga cukup ditulis dalam text editor,
  2. html juga bersifat open-source (gratis),
  3. merupakan bahasa markup yang rapih dan juga konsisten,
  4. tidak memerlukan kopiler sehingga dijalankan secar alami disetiap web browser,
  5. html sudah terintegrasi dengan bahasa lain seperti: Node.js, Php, Backend, Active Server Pages, VBScript, Tcl, Perl dan lainnya. Dengan begitu akan memperbagus dan juga memepercantik halaman web,
  6. standar web resmi oleh world wide web consortium (W3C),
  7. bisa menyisipkan gambar, animasi berupa java applet, hyperlink, dan banyak lagi.
Kekurangan-kekurangan yang dimiliki HTML

  1. halaman yang dihasilkan statis, untuk itu jika kita ingin membuat halaman web yang dinami kita memerlukan
  2. pemrograman lain seperti: Javascript, VBScript dan lainnya,
  3. kurang cepat untuk fitur-fitur baru di beberapa browser,
  4. memiliki banyak tag yang harus dipelajari.
  5. halaman tidak interkaktif, untuk itu kita perlu pemrograman lain seperti: Perl atau Tcl.
  6. Perilaku web browser dalam membaca document html susah diprediksi, contohnya browser lama yang tidak bisa merender tag-tag html yang baru.
Kumpulan Tag-tag pada HTML
Setelah anda mengetahui kekurangan hingga kelebihan dari HTML. Berikut ini adalah daftar tag-tag yang sering digunakan pada saat kita ingin membuat file HTML :



Contoh Pemrograman Menggunakan HTML 
Nah, jika anda sudah mengetahui apa saja definisi dari HTML, dan memahami apa saja tags – tags yang penting dalam membangun HTML. Yuk, simak contoh penerapan tags pada pemrogaman berikut ini.

Dasar pemrograman web adalah dengan memasukan tag-tag seperti gambar di bawah,
1).Awalan untuk mulai mengkoding.
2) Untuk bagian atas web dalam berowser.
3) Untuk judul.
4)Untuk body/badan website dalam browser.
5)Untuk menandai dalam css/style web. Mulailah dengan (<…>…..<…/>) .


2. Save program yang anda buat tadi


3. Lalu simpanlah program dengan diakhiran .html. Seperti gambat di bawah.


4. Setelah di save bukalah program yang anda buat maka anda akan langsung membuka browser dan program yang anda buat tadi akan masuk ke browser.


TUGAS.
Silahkan Download dan instal aplikasi untuk membuat Program..

Pertemuan kita sudah praktik membuat program 





6 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama